5 Manfaat Penghijauan Bagi Lingkungan Hidup

Didalam hidup ini, manusia selalu bergantung kepada pepohonan dan begitu juga sebaliknya. Pohon memberikan kelangsungan hidup manusia dan sebaliknya manusia juga harus merawat pohon. Hubungan simbiosis  mutualisme ini lah yang nantinya akan menjadikan bumi ini layak untuk dihuni untuk generasi-generasi manusia selanjutnya.

Penghijauan adalah salah satu upaya dari manusia untuk merawat alam dan lingkungan hidup. Penghijauan berupa penanaman pohon dan dapat dilakukan di taman kota, pinggir jalan, tanah lapang ataupun hutan gundul.

Fungsi penghijauan selain memberikan keindahan mata dapat juga mengatasi masalah polusi udara dan memberikan oksigen bagi kehidupan. Selain itu masih banyak manfaat penghijaun seperti yang dikutip dari Conserve Energy Future.

  1. Pencegahan Erosi Tanah
    Adalah masalah umum erosi tanah terjadi di tanah tandus, kecepatan angin dan partikel yang dibawa akan menyebabkan erosi tanah dan berdampak buruk terhadap kualitas udara. Selain itu masalah banjir juga menjadi kendala utama di tanah yang tandus.Dengan penghijauan, kecepatan angin akan bisa ditahan oleh pohon dan akar pohon yang berfungsi untuk menahan tanah agar tidak terjadi terseret banjir. Daun dan ranting juga bisa menahan tetesan air hujan biar tidak langsung menuju tanah yang bisa menyebabkan longsor khususnya di area pegunungan.
  2. Kualitas Udara Lebih Baik
    Orang yang tinggal di pegunungan atau di desa akan lebih kecil terpapar polusi udara daripada orang yang tinggal di perkotaan karena di pegunungan atau pedesaan kuantitas pohon lebih banyak. Pohon dapat memberikan oksigen dan menghilangkan karbon dioksida melalui proses fotosintesis.Selain karbon dioksida, pembangunan infrastruktur menyebabkan berkurangnya jumlah pohon dan hutan yang bisa menyebabkan polusi udara. Maka diperlukan penghijauan karena selain bisa menghilangkan karbon dioksida, pohon dapat menahan partikel tanah di udara.
  3.  Mengontrol iklim
    Pemanasan global adalah salah satu ancaman bagi bumi, aktivitas manusia yang menghasilkan limbah industri, asap kendaraan dan penebangan hutan liar adalah penyebab pemanasan global. Dengan penghijauan iklim udara ekstrem dapat menetralisir udara yang tercemar.
  4. Pelestarian Satwa Liar
    Penebangan liar, ekspansi manusia ke hutan untuk tempat tinggal, dan industri menyebabkan ancaman bagi satwa liar yang habitatnya di hutan, untuk kondisi yang lebih ekstrem sebagian jenis hewan akan punah, dengan penghijauan akan memastikan kelangsungan hidup satwa liar seperti tersedianya tempat dan makanan yang cukup.
  5. Menciptakan ekosistem baru
    Penanaman pohon di tanah tandus lebih bermanfaat dibandingkan di hutan yang menipis. Menanam pohon di hutan yang menipis bertujuan untuk memulihkan ekosistem sedangkan menanam pohon di tanah tandus bertujuan untuk menciptakan ekosistem baru.Saat ini banyak lembaga yang bergerak di bidang lingkungan melakukan penghijauan dengan tujuan untuk menciptakan daerah kering menjadi daerah produktif.

Comments are Disabled